Sabtu, 16 April 2011

Vitamin untuk Kucing Kesayangan Anda

Suplemen sering kali diperlukan mengingat seringkali dalam pembuatan makanan kucing tingkatan vitamin dan zar nutrisi lainnya dalam makanan kucing lebih rendah dari kebutuhan kucing yang seharusnya. Terkadang rendahnya vitamin dan zat gizi lainnya ini disebabkan karena proses pembuatannya atau makanan kucing terlalu lamadisimpan, sehingga vitamin mengalami degradasi dan levelnya menurun.


Secara umum, ada enam jenis utama nutrisi kucing yang diperlukan:

1. Protein hewani (terutama asam amino Taurin).

Paling tidak dua puluh lima persen dari asupan kalori kucing harus berasal dari protein berbasis daging. (protein dari tanaman tidak memberikan kecukupan dan kelengkapan asam amino yang perlu.) Pada kasus dimana kucing kekurangan protein hewani, kucing akan memdegradasi otot mereka sendiri, yang berakibat pada kelemahan dan berbagai masalah kesehatan lainnya, termasuk cacat dan rendahnya kekebalan tubuh. Taurin sangat penting bagi kucing karena tanpa asupan yang cukup dalam diet kucing, kucing akan mengalami masalah jantung.

2. Vitamin yang larut dalam air (terutama niasin dan vitamin C)

Kucing tidak dapat membuat cukup niasin di dalam tubuhnya (catatan : vitamin B dapat disintesis dari triptofan) i, sehingga niacin adalah bagian penting dari kebutuhan vitamin kucing dan gizi kucing. Jika makanan kucing tidak mengandung cukup niasin, kucing mungkin mengalami kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan, radang gusi, atau diare. Vitamin C memainkan peran penting dalam nutrisi kucing karena diperlukan untuk sintesis kolagen, yang merupakan jaringan paling umum di dalam tubuh.

3. Vitamin yang larut dalam lemak (terutama vitamin A)

Makanan kucing yang baik harus mengandung cukup vitamin A, seringkali tercantum pada kebutuhan vitamian dan suplemen kucing sebagai retinyl palmitate. Vitamin A adalah bagian penting dari kebutuhan vitamin kucing karena kekurangan vitamin A akan menyebabkan rabun senja, masalah kulit dan bulu, serta terhambatnya pertumbuhan .

Catatan : vitamin yang larut dalam lemak tidak diekskresikan melalui urin dan dapat mencapai tingkatberacun dalam tubuh bila diberikansecara berlebihan berlebihan.

4. Lemak (arachidonic acid)

Arachidonic acid adalah asam lemak esensial yang hanya ditemukan di lemak hewan. Makanan kucing harus mencakup asam arakidonat karena membantu mengatur pertumbuhan kulit, bantu dalam pembekuan darah, dan membantu mengoptimalkan sistem reproduksi dan pencernaan pada kucing.

5. Serat

Serat memainkan peran penting dalam gizi kucing; kekurangan serat dapat menyebabkan kucing mengalami sembelit. Keuntungan tambahan dari serat adalah bakteri pro-biotik bakteri dalam usus kucing memakan serat ini. Mikroba ini membantu kucing anda dalam meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit saluran pencernakan dan bakteri pathogen .

6. Mineral

Makanan kucing yang baik harus mengandung mineral penting seperti kalium, magnesium, seng, kalsium, besi, fosfor dan natrium klorida. Mineral ini membantu kesehatan dan kekebalan kucing.

Catatan : Jangan memberikan vitamin secara berlebihan pada kucing anda . Jika kucing diberi suplemen yang mengandung terlalu tinggi kalsium atau magnesium, kucing anda akan mengalami infeksi saluran kemih. Ikan secara alami mengandung kedua mineral ini dalam jumlah yang tinggi, sehingga pemilik kucing harus membatasi jumlah ikan dalam diet kucing. Selain itu, obat hairball berbasis minyak sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu nutrisi kucing dan penyerapan vitamin .

Jika anda menambahkan suplemen ke dalam makanan kucing anda

Cara termudah untuk manfaatkan keuntungan dan fungsi vitamin secara maksimal adalah melalui pemberian supplemen yang sesuai dengan kebutuhan kucing. Salah satu acuan yang dapat digunakan untuk kebutuhan nutrisi kucing adalah standard yang dikeluarkan oleh : the Association of American Feed Control Officials (AAFCO) for untuk kitten dan kucing dewasa. Jika anda membeli makanan kucing perhatikanlah kandungan gizi, kualitas dan nilai gizi keseluruhannya. Harga supplemen akan sangat tergantung pada produsen, kisara harga normalnya antara Rp 5 ribu – Rp. 30 ribu. Perlu diingat bahwa kucing yang berbeda memiliki kebutuhan vitamin yang berbeda pula, dan kebutuhannya akan sangat tergantung pada usia. Dengan bertambahnya usia kucing, amaka kebutuhan gizi nya a akan berubah juga. Pemilik kucing sebaiknya memberi makan kucing mereka dengan makanan diet yang dirancang sesuai dengan ras kucing, usia, dan tingkat aktivitas kucing.

Memahami kebutuhan vitamin kucing

Jika anda seorang pemilik kucing baru ataupun telah lama memelihara kucing, anda perlu tahu cara menjaga agar kucing Anda tetap sehat. Pencegahan merupakan kunci untuk dari keberhasilan panjang panjang anda dalam memelihara kucing agar kucing anda tetap sehat dan dapat berkembang biak dengan baik. Salah satu kunci keberhasilan tersebut adalah memahami kebutuhan akan vitamin untuk kucing anda dan memberikannya dalam dosis yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Kebutuhan harian vitamin yang dikombinasikan dengan diet seimbang, akan dapat menjaga sistim kekebalan tubuh kucing, menjaga bulu kucing tetap tebal dan mengkilap. Makanan kucing yang seimbang seharusnya dapat mencukupi kebutuhan akan vitamin yang diperlukan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya dalam pengolahannya seringkali karena pemanasan dan penyimpanan yang terlalu lama vitamin dalam makanan mengalami degradasi, sehingga tingkatannya dalam makanan tidak mencukupi kebutuhan kucing anda.
Pada dasarnya ada dua kelompok suplemen yang diperlukan oleh kucing: yaitu vitamin yang terlarut dalam lemak dan yang terlaur dalam air. Vitamin yang terlarut dalam air adalah Vitamin C dan vitamin B kompleks seperti thiamin dan niacin. Jika kucing Anda tidak mendapatkan kucing dalam jumlah yang cukup vitamin ini, kucing anda akan mengalami mengalami kondisi tertentu seperti memperlambat penyembuhan, kerentanan terhadap penyakit, kehilangan refleks saraf dan fungsi serta kelemahan umum pada anggota badan. Vitamin C bahkan mencegah infeksi saluran kemih. Thiamin suplemen penting jika Anda memberi makan kucing Anda ikan mentah dalam jumlah besar sebab jika anda melakukan ini seringkali kucing anda kekurangan Tiamin.

Karena vitamin yang larut dalam lemak disimpan dalam jaringan lemak kucing, penting untuk diketahui bahwa Anda tidak memberikannya secara berlebihan. Satu vitamin yang larut dalam lemak adalah lemak vitamin A, yang mencegah kebutaan dan menjada agar pertumbuhan kucing anda normal, pertumbuhan kulit dan bulu yang sehar dan normal.
Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis sementara Vitamin E sangat penting dalam kesehatan reproduksi. Vimain lain yang larut dalam lemah adalah Vitamin K, yang membantu mempercepat pembekuan darah jika luka dan mencegah pendarahan /hemorraging.

Vitamin yang telah disebutkan di atas biasanya dapat disupply dari sayuran dan buah-buahan. Namun, pada umumnya makanan kucing yang biasa mungkin tidak dapat memberikan dosis yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin kucing.

Karena gizi pada kucing sangat kompleks dan bergantung pada mereka jenis kucing yang anda miliki, serta nya usia dan berat badan, Anda harus selalu berkonsultasi dengan seorang ahli untuk memberikan jumlah yang tepat untuk suplemen makanan untuk kucing Anda. Tentunya Kucing Anda akan sangat berterima kasih terhadap anda jika anda memberikan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi kucing dan tentunya terhadap kasih sayang yang anda curahkan kepada kucing kesayangan anda.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda